بَابُ عَلاَمَاتِ الجَزْمِ
Bab tanda-tanda Jazam
والجَزْمُ فِي الأَفْعَالِ بِالسُّكُونِ … أَوْ حَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ أَوْ نُونِ
Alamat Jazam dalam kalimah-kalimah fiil mudhore yang mu[rob itu dengan sukun atau membuang huruf ilat atau membuang nun
فَحَذْفُ نُونِ الرَّفْعِ قَطْعاً يَلْزَمُ … فِي الخَمْسَةِ الأَفْعَالِ حَيْثُ تُجْزَمُ
Membuang nun ciri irob rofa secara pasti itu wajib (sebagai tanda i'rob jazm) didalam "afalul Khomsah" sekiranya ia di baca jazm
وَبِالسُّكُونِ اجْزِمْ مُضَارِعاً سَلِمْ … مِنْ كَوْنِهِ بِحَرْفِ عِلَّةٍ خُتِمْ
Jazamkanlah dengan tanda sukun terhadap fiil Mudari yang selamat dari huruf ilat (alif-wawu-ya) diakhirnya
إمَّا بِوَاوٍ أَوْ بِيَاءٍ أَوْ أَلِفْ … وَجَزْمُ مُعْتَلٍّ بِهَا أَنْ تَنْحَذِفْ
(huruf ilat itu) Adakalanya dengan Wawu atau ya atau alif, dan jazamnya fi'il mudhore mu'tal (berhuruf ilat diakhirnya) itu dengan membuang huruf ilat tersebut
وَنَصْبُ ذِي وَاوٍ وَيَاءٍ يَظْهَرُ … وَمَا سوَاهُ فِي الثَّلاَثِ قَدَّرُوا
Irob Nashobnya fiil mudhore mutal Wawu dan fi'il mudhore mu'tal ya' itu jelas (dengan fathah dzohir), dan i'rob selain nasab di ketiga fi'il mutal (mu'tal alif, mu'tal wawu, dan mu'tal ya) itu dimuqodarohkan (tidak tampak dan diperkirakan harokat i'robnya)
فَنَحْوُ يَغْزُو يَهْتَدِي يخْشى خُتِمْ … بِعِلَّةٍ وغَيْرُهُ مِنْهَا سَلِمْ
Seperti contoh "yaghzu", "yahtadi", dan "yakhsya" itu di akhiri dengan huruf ilat , dan selain dari hal itu adalah fi'il yang selamat dari huruf ilat
وَعِلَّةُ الأَسْمَاءِ يَاءٌ وَأَلِفْ … فَنَحْوُ قَاضٍ والْفَتَى بِهَا عُرِفْ
ilat pada kalimah isim (isim mu'tal) adalah huruf ya' dan huruf alif. maka semisal lafadz "qodhin", dan lafadz "fata" itu dikenal dengan sebutan isim mu'tal
إِعْرَابُ كُلٍّ مِنْهُمَا مُقَدَّرَ … فِيهَا وَلكِنْ نَصْبُ قاضٍ يَظْهَرَ
i'rob untuk setiap isim mu'tal alif dan mu'tal ya itu dimuqodarohkan (tidak tampak dan diperkirakan harokat i'robnya)
وَقَدَّرُوا ثَلاَثَةَ الأَقْسَامِ … فِي الْمِيمِ قَبْلَ الْيَاءِ مِنْ غُلاَمِي
ulama nahwu me-muqodarohkan (memperkirakan) tiga bagian irob (rofa'., nashob, dan jer) didalam huruf mim sebelum huruf ya' dari contoh lafadz "ghulami" (isim ini disebut dengan isim mudhof ila ya' mutakalim/isim yang mudhof kepada dhomir ya mutakalim)
وَالْوَاوُ فِي كَمُسْلِمِيَّ أُضْمِرَتْ … وَالنُّونُ في لَتُبْلَوُنَّ قُدِّرَتْ
Tanda i'rob rofa berupa huruf wawu pada contoh musliimiyya (asalnya : "muslimuna liiy") itu di disembunyikan, dan huruf nun di contoh "latublawunna" itu dimuqodarohkan (tidak tampak, dan diperkirakan harokat i'robnya)