بَابُ عَلاَمَاتِ الإعْرَابِ
Bab Alamat I'rob
ِلِلرَّفْعِ مِنْهَا ضّمَّةٌ وَاوٌ أَلِفْ ۞ َكذَاكَ نُوْنٌ ثَابِتٌ لاَ مُنْحَذِفْ
Alamat i’rob rofa’ adalah dlommah, wawu, alif, begitau juga nun yang tetap tidak terbuang
فَالضَّمُّ فِي اسْمٍ مُفْرَدٍ كَأَحْمَدِ ۞ وَجَمْعِ تَكْسِيرٍ كَجَاءَ الأَعْبُدِ
Maka, dlommah itu menjadi tanda i'rob rofa' didalam isim mufrod seperti "ahmad" dan didalam jama’ taksir seperti "ja’a al a’budu" (hamba-hamba telah datang)
وَجَمْعِ تَأْنِيثٍ كَمُسْلِمَاتٍ ۞ وَكُلِّ فِعْلٍ مُعْرَبٍ كيَاتِي
dan didalam jama’ muannas seperti "muslimat", dan didalam setiap fi’il mudhore mu’rob seperti lafadz "ya’ti" (dia akan datang)
وَالْوَاوُفِي جَمْعِ الذُّكُورِ السَّالِمِ ۞ كَالصَّالِحُونَ هُمْ أُولُو المَكَارِمِ
Huruf wawu menjadi tanda i'rob rifa didalam jama’ mudzakar seperti lafadz "sholihun hum ulul makarim" (orang-orang soleh yaitu mereka yang mempuyai kemulyaan)
كَمَا أَتَتْ فِي الخَمْسَةِ الأَسْمَاءِ ۞ وَهْيَ الَّتِي تَأْتِي عَلَى الْوِلاءِ
sebagaimana kedatanganya wawu didalam "asmaul khomsah", dan asma'ul khomsah itu adalah lafadz-lafadz yang akan datang secara berurutan
أَبٌ أَخٌ حَمٌ وَفُوكَ ذُو، جَرَى ۞ كُلٌّ مُضَافاً مُفْرَداً مُكَبَّرَا
asmaul khomsah itu adalah lafadz "abun", "akhun", "hamun", "fuka", dan "dzu". semua berlaku secara dimudlofkan, mufrod, dan mukabbar (bentuk isim biasa, bukan bentuk tafdil dan bukan bentuk tasghir)
وَفِي مُثَنَّى نَحْوُ زَيْدَانِ، الأَلِفْ ۞ وَالنُّونُ فِي المُضَارعِ الَّذِي عُرِفْ
huruf alif menjadi tanda i'rob rofa didalam isim tasniah contohnya "zaidani". huruf nin menjadi tanda i'rob rofa didalam fi'il mudhore yang sudah diketahui
بِيَفْعَلاَنِ تَفْعَلاَنِ أَنْتُمَا ۞ وَيَفْعَلُونَ تَفْعَلُونَ مَعْهُمَا
dengan "yafa’alani", "taf’alani antuma", "yaf’aluna", "taf’aluna ma'ahuma"
وَتَفْعَلِينَ تَرْحَمِينَ حَالِي ۞ وَاشْتَهَرَتْ بِالْخَمْسَةِ الأَفْعَالِ
dan "taf’alina tarhamina hali", dan semunya itu mashur dengan af’alul khomsah